Softball Kelas XII SMA

SOFTBALL

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan

  1. Memiliki kesadaran untuk melakukan aktivitas jasmani melalui permainan softball dalam rangka menjaga kebugaran dan kesehatan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang MahaEsa;
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif selama  pembelajaran merancang pola penyerangan dalam permainansoftball;
  3. Dapat merancang pola penyerangan dalam permainan softball secara individu dengan penuh semangat, tekun, disiplin, dantanggungjawab;
  4. Dapat merancang pola pertahanan dalam permainan softball secara individu dengan penuh semangat, tekun, disiplin, dantanggungjawab;

B. Uraian Materi

Pembelajaran softball dalam pendidikan jasmani membantu mempersiapkan individu untuk berperan serta dalam aktivitas fisik seumur hidup, dan hal tersebut dapat tergabung dalam satu kesatuan di mana keterampilan dan taktik motorik/gerak dipelajari secara bersamaan dalam proses pembelajaran (Brian et al., 2014). Permainan softball dimainkan secara beregu dimana dalam sebuah permainan sudah pasti tujuan utama nya adalah meraih kemenangan, meskipun sebetulnya dalam aktivitas pendidikan jasmani yang paling penting adalah proses belajar dan bagaimana menerapkan nilai-nilai dalam olahraga melalui aktivitas bermain. Namun pada sebuah

pertandingan tentunya kemenangan adalah suatu hal yang di cari dan hendak di capai dengan berbagai upaya. Upaya memenangkan sebuah pertandingan biasanya dikenal dengan istilah strategi, sedangkan langkah- langkah yang akan di ambil untuk mencapai strategi dikenal dengan istilah taktik. Pada setiap cabang olahraga diperlukan taktik maupun strategi untuk mencapai tujuan yang diinginkan, tidak terkecuali dengan permainan softball.

Taktik dalam Permainan softball terdiri atas 2 bagian, yaitu taktik penyerangan dan taktik pertahanan. Pada aktivitas pembelajaran 1 ini kalian akan difokuskan untuk mempelajari taktik penyerangan dan pertahanan, kemudian taktik yang seperti apakah yang dapat digunakan dalam permainan softball?. Agar kalian lebih memahami taktik penyerangan dan pertahanan dalam permainan softball silahkan kalian amati dengan seksama taktik yang digunakan pada saat melakukan serangan dan bertahan dalam permainan softball berikut ini :

1. Taktik penyerangan

a. Stealing

Salah satu taktik penyerangan yang dilakukan oleh pelari dimana seorang baserunner (pelari) menuju ke base berikutnya dengan aman tanpa dimatikan oleh penjaga dan bola yang dilempar oleh pitcher tidak dipukul oleh si pemukul, pelari memulai gerakan lari ketika bola lepas dari tangan pitcher.

Adapun jenis-jenis stealing yaitu Yaitu :

  • DelayedSteal

Mirip dengan stealing pada umumnya, namun pelari menunggu sampai perhatian penangkap atau catcher dialihkan oleh gerakan batter misalkan dengan menggunakan ayunan tanpa dikenakan pada bola oleh pemukul dan pada saat tersebut pelari di base bergegas lari menuju base berikutnya.

  • Doublesteal

Pada jenis ini, 2 pelari melakukan stealing tidak secara bersamaan, misalkan ketika pelari terdepan melakukan stealing dan penjaga melempar untuk mematikan pelari tersebut maka pelari dibelakangnya bergegas untuk lari ke base berikutnya.

  1. Bunt/Pukulanpendek

Salah satu taktik penyerangan yang dilakukan oleh pemukul dimana seorang pemukul melakukan pukulan pendek dengan tidak melakukan ayunan  pada saat melakukan pukulan, tujuannya yaitu untuk mendorong pelari maju ke base selanjutnya dengan memecah konsentrasi penjaga. Dan taktik ini digunakan ketika penjaga base 1 maupun penjaga base 3 melakukan pertahanan jauh dari posisi pemukul. Dalam pelaksanaannya pemukul/batter berdiri di dalam batter box dengan badan menghadap pelempar/pitcher, tungkai/kaki sedikit ditekuk sehingga badan agak sedikit condong ke depan, pandangan fokus pada datangnya bola. Kedua tangan memegang bat/pemukul didepan dada di bawah bahu, dengan kiri memegang

bagian tengah handle grip, sikap jari-jari tangan kanan dengan ibu jari membentuk huruf v, sehingga dengan cara demikian tangan kanan tidak sepenuhnya menggenggam bat untuk menghindari perkenaan tangan dengan bola yang dilempar pitcher.

a. Sacrifice Fly

Salah satu taktik yang dilakukan oleh pemukul dimana pemukul memukul sejauh mungkin ke arah atas dan bola yang dipukul kemungkinan besar ditangkap di udara oleh penjaga yang menyebabkan si pemukul mati, namun setelah bola ditangkap pelari di base 3 dapat menuju ke home plate (tempat pemukul melakukan pukulan) untuk mendapatkan poin. Oleh karena itu disebut sacrifice fly atau mengorbankan diri dengan memukul bola ke atas yang dapat langsung dimatikan oleh lawan, perlu diketahui bahwa bola hasil pukulan yang di tangkap di udara tanpa bola tersebut menyentuh tanah maka pemukul langsung dinyatakan mati.

a. Hit and run

Hit and run merupakan sebuah taktik yang dilakukan oleh batter/pemukul supaya bisa membantu baserunner/pelari bisa maju beberapa langkah kedepan dengan selamat. Keuntungan dari strategi hit and run ini adalah membuat kemungkinan supaya out nggak terjadi dan bisa mencapai base yang ada di depannya. Strategi hit and run ini bisa digunakan saat situasi tim sudah lebih tinggi satu angka sebelum ada 2 kali out. Hit and run ini bisa dibilang sukses kalau bisa menyelamatkan pelari dari base 1 sampai ke base 3 ataupun sampai mencetak skor/poin. Saat itu, bantuan dari batter bisa mencapai home base dengan selamat.

2. Taktik Pertahanan

Dalam upaya menahan tim lawan agar tidak dapat mencetak poin/angka, tim bertahan harus melakukan-upayaupaya menahan serangan lawan  berupa taktik yang berhubungan dengan penjagaan dalam permainan softball, adapun taktik yang dapat digunakan pada saat melakukan bertahan, diantaranya :

  1. Positioning/Penempatan posisi yangbenar

Penempatan posisi adalah kunci utama dari pertahanan sebuah tim. Dalam permainan softball, penempatan posisi bisa di atur sesuai dengan rencana yang disusun oleh catcher dengan menganalisis karakteristik pemukul dan menentukan hasil lemparan bola dari pitcher, misalkan ketika pitcher memberikan bola yang mepet kearah badan pemukul namun masih di zona strike dan dipukul oleh pemukul maka kemungkinan besar bola akan dipukul kea rah kiri pemukul, dan hal tersebut bisa diantisipasi lebih awal oleh para penjaga. Atau misalkan pemukul berkarakter pemukul kiri maka kemungkinan besar bola akan dipukul ke sebelah kanan lapangan sehingga penjaga bisa bergeser sedikit ke arah kanan lapangan, untuk lebih jelasnya bisa mengamati gambar berikut ini :

  1. Backups / antisipasi bolalepas

Permainan softball merupakan olahraga tim dan diperlukan kerjasama begitupun pada saat melakukan pertahanan, terkadang bola hasil pukulan lawan tidak tertangkap oleh penjaga lainnya maka penjaga di belakangnya perlu membantu mengejar bola untuk ditangkap kemudian di lempar kepada penjaga yang ada di base.

b. Relays dan cutoffs

Relay dan cutoffs sangat penting dalam pertahanan tim. Biasanya, pemain shortstop dan penjaga base kedua bertanggung jawab untuk bergerak keluar untuk menerima lemparan dari outfielders/penjaga luar dan melemparkannya kembali kepada penjaga yang berada di base. Shortstop menangani semua lemparan estafet dari kiri dan tengah fielders, sedangkan pemain base kedua melakukan lemparan dari pemain sayap kanan (lihat gambar 5).

Ketika bola dipukul jauh mengarah ke pemain luar, pemain tengah yang sesuai baik shortstop maupun penjaga base ke dua berlari menuju outfielder dan dan meluruskan posisi agar mudah di jangkau oleh pemain outfielder yang bermaksud untuk menyampaikan lemparan (lihat gambar 6).

a. Tag play (menyentuhkan bola yang dipegang penjaga kepada pelari)

Salah satu cara mematikan pelari selain dengan mematikan di base bisa dengan menyentuhkan bola yang dikuasai penjaga ke anggota tubuh pelari sebelum pelari tersebut mencapai base yang di kenal dengan istilah tag plays. Situasi tersebut bisa digunakan

terutama untuk pelari yang tidak wajib lari atau tidak terpaksa untuk lari misalkan dibelakang pelari tersebut tidak ada pelari yang mendorongnya untuk berlari ke base berikutnya. Untuk lebih jelasnya amati gambar berikut :

 

a. Double play

Double play merupakan taktik pertahanan dengan mematikan 2 pelari sekaligus dengat cepat dan tepat misalkan mematikan pelari terdepan terlebih dahulu kemudian pelari dibelakangnya yang paling sering apabila kondisi pelari satu, ketika bola dating ke posisi penjaga base 2 maka penjaga base 2 melempar ke base dua yang di jaga oleh shortstop dan kemudian dilemprkan kembali ke base 1 untuk mematikan pemukul yang berlari ke base 1. Perlu di ingat bahwa ketika melakukan double play yang lebih baik dimatikan terlebih dahulu yaitu pelari terdepan, karena perlari terdepan berpotensi mencetak poin.

a. Rundown

Rundown merupakan situasi dimana pelari bergegas menuju base berikutnya namun bola sudah berada pada base yang akan di tuju sehingga pelari terjebak di antara 2 penjaga di depan dan di belakang.

A. Rangkuman

Dalam upaya memenangkan pertandingan tentu ada hal-hal yang harus ditempuh dengan menyusun rencana baik rencana yang berhubungan dengan teknis permainan maupun diluar teknis permainan yang dikenal dengan istilah taktik dan strategi. Dalam permainan softball terdapat dua jenis taktik yaitu taktik penyerangan dan taktik pertahanan.

Dalam taktik penyerangan terdapat beberapa taktik yang dapat digunakan seperti stealing, pukulan pendek / Bunt, sacrifice fly, Hit and run. Sedangkan dalam taktik pertahanan dapat menggunakan beberapa taktik seperti penempatan posisi yang benar, back-ups atau saling membantu menjaga bola yang lepas dari jangkauan teman satu tim, relay dan cut-offs, menyentuh kan bola kepada pelari sebelum mencapai base, double play atau mematikan 2 pelari secara berturut turut, dan rundown / menekan pelari sehingga pelari terjebak antara dua penjaga.

Sumber: Diambil dari Modul Pembelajaran PJOK SMA Kelas XII

Latihan Soal

Komentar anda tentang artikel ini:

You might like

About the Author: anams