Atlet Rugby Bojonegoro Antarkan Jawa Timur Juara 3 di Kejurnas Rugby U-19

Tim Jawa Timur berhasil jadi juara ke-3 di Kejurnas Rugby U-19 kategori puteri. Atlet-atlet rugby asal Bojonegoro punya andil besar dalam keberhasilan tim Rugby Jawa Timurtersebut. Seperti apa kontribusi atlet asal Bojonegoro pada Kejurnas Rugby U-19?

Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) menggelar Kejuaraan Nasional Rugby kelompok umur 19 tahun. Kejurnas tersebut dihelat di Surabaya dari 27 hingga 28 April 2019. Beberapa provinsi yang sudah memiliki tim Rugby mengirim perwakilannya di kejuaraan tersebut.

Ada dua kategori yang dipertandingkan yakni putera dan puteri. Sistem kompetisinya menggunakan format liga. Sehingga, tiap tim bisa bertemu satu sama lain. Peringkat 1 hingga 3 di klasemen akhir berhak menyandang gelar juara secara berurutan.

Di kategori puteri, tim Jawa Timur sebagai tuan rumah mengandalkan bibit-bibit pemain Rugby asal Bojonegoro. Bahkan nih Nabs, anggota tim Rugby Jawa Timur U-19 itu berasal dari Bojonegoro semua, tanpa terkecuali.

Pada Kejurnas tersebut, tim Jawa Timur harus berjumpa dengan tujuh tim lainnya dari seluruh Indonesia. Setelah melakoni 7 laga, tim Jawa Timur mampu menempati peringkat ke-3 di klasemen akhir dengan total 5 kemenangan dan 2 kekalahan.

Hasil tersebut membuat tim Jawa Timur yang berisikan pemain Bojonegoro berhak mendapat gelar juara ketiga. Juara pertama untuk kategori puteri sendiri diperoleh tim Bali. Sedangkan tim DKI Jakarta menempati posisi runner up.

Pengurus cabang PRUI Bojonegoro, Anam Syaifuddin merasa bangga dengan hasil yang dicapai oleh atlet-atlet asal Bojonegoro yang mewakili Jawa Timur. Mereka mampu jadi tulang punggung tim provinsi di kejuaraan level nasional.

“Kami tentu sangat senang dan berbangga. Ini jadi bukti bahwa pembinaan dan perkembangan olahraga Rugby di Bojonegoro berjalan dengan baik,” ungkap Anam kepada Jurnaba.co

Di kategori putera, Jawa Timur juga menyebet gelar juara ke-3. Di tim putera ini ada pula atlet Bojonegoro yang ikut andil, meski tak seluruhnya seperti tim puteri. Untuk tim putera Rugby Jawa Timur sendiri merupakan campuran dari beberapa Kabupaten sekaligus.

Di level Jawa Timur, pembinaan olahraga Rugby di Bojonegoro memang sangat baik. Sejak 2016 silam, olahraga asal Britania Raya ini mampu berkembang dengan baik di Bumi Angling Dharma. Semakin banyak murid sekolah yang tertarik untuk menekuni olahraga yang membutuhkan fisik prima ini.

Keberhasilan Bojonegoro dalam mengembangkan olahraga Rugby dibuktikan dengan dipanggilnya atlet Bojonegoro untuk memperkuat timnas Rugby Indonesia di ajang Asian Games 2018 lalu. Atlet asal Bojonegoro tersebut bernama Rizky Satria Utomo.

Selain itu, tim Bojonegoro juga sering menyabet gelar juara di berbagai kejuaraan tingkat nasional. Jadi tidak heran jika tim Rugby Jawa Timur punya kepercayaan yang cukup besar terhadap atlet asal Bojonegoro.

Kesuksesan tim Jawa Timur meraih juata ketiga di Kejurnas U-19 ini jadi kabar baik bagi Rugby Bojonegoro. Dengan kekuatan tim yang seluruhnya adalah atlet asli Bojonegoro, tim Jawa Timur mampu meraih hasil yang cukup memuaskan di Kejurnas. Ini jadi bukti bahwa pembinaan Rugby di Bojonegoro berjalan dengan baik.

 

Penulis: Mahfudin Akbar

Artikel ini pertama kali terbit di: https://jurnaba.co/

Komentar anda tentang artikel ini: